Home » » Tanda-tanda Bahaya Kesehatan dari Perubahan Warna Urin

Tanda-tanda Bahaya Kesehatan dari Perubahan Warna Urin

Written By Sri Rahma on Selasa, 06 Maret 2012 | 00.06

Berkat Herbal--Tanda-tanda Bahaya Kesehatan dari Perubahan Warna Urin. Urin adalah buangan tubuh berupa cairan, yang dikeluarkan melalui saluran urogenital. Urin normal berwarna kuning muda-kuning tua dan jernih. Perubahan warna urin (beda dari normal) patut di waspadai, karena perubahan warna urin dapat menjadi petanda bahaya kesehatan pada tubuh, walapun ada juga perubahan warna urin hanya karena konsumsi makanan tertentu.
Dibawah ini uraian singkat warna-warna yang dapat terajadi pada urin dan kemungkinan penyebabnya:

1. Urin Berwarna Hijau
Zat warna normal dalam jumlah besar yang menyebabkan urin berwarna hijau adalah indikan (indoxilsulfat). Urin berwarna hijau mungkin merupakan produk akhir makanan atau minuman berwarna hijau, salah satunya yaitunya asparagus. Urin berwarna hijau dapat juga terjadi karena reaksi yang cukup umum terhadap multivitamin tertentu dan beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, alergi, mual, nyeri, dan peradangan. Obat yang dapat menyebabkan urin berwarna hijau seperti methyleneblue dan evan's blue. Pasien yang pernah mendapat anestesi proforol kadang-kadang mengeluarkan urin berwarnahijau setelah operasi.

Urin berwarna hijau menjadi bukti terbentuknya bilirubin, zat kimia berwarna hijau yang ditemukan dalam cairan empedu dan dihasilkan oleh hati yang bertanggungjawab atas penyakit kuning. Bilirubun yang berlebihan mengindikasikan adanya penyakit hati dan pancreas. Warna hijau pada urin juga bisa mencadi petanda obstruksi (penyumbatan usus kecil).

2. Urin berwarna Merah

Urin berwarna merah tidak selalu berarti darah. Zat warna normal dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan urin berwarna merah adalah uroerythrin.Makanan yang kaya dengan zat warna merah, seperti bit, cabai, dan blackberry, bisa mengubah urin menjadi merah. Urin semerah Bit secara medis dikenal dengan istilah beeturia, keadaan ini sering terlihat pada orang-orang yang mengalami defisiensi besi atau mengalami sindrom malabsorbsi makanan bit. Kelembak atau Seena mungkin bisa membuat urin berwarna merah muda. Kedua tanaman ini mengandung Antraquinon, yang sering sering digunakan sebagai zat pewarna dan merupakan obat pencahar.

Urin berwarna merah bisa juga merupaka reaksi terhadap beberapa obat-obat seperti santonin, amidopyrin, congored, obatan psikiatris, dan agen-agen antikanker yang mengandung antraquinon.
Zat warna abnormal yang dapat menyebabkan warna merah pada urin yaitu hemoglobin, porfirin, porfobilin. Kencing merah memang kadang-kadang menandakan adanya darah dalam urin, yang secara medis dikenal sebagai hematuria. Hematuria bisa menjadi petanda adanya luka di ginjal. Namun darah bisa muncul dari mana saja sepanjang saluran kencing itu. Hematuria juga bisa menjadi tanda peringatan yang penting adanya kondisi serius ginjal, hati, atau kandungan kemih, termasuk infeksi, batu kista, tumor, dan kanker.

3. Urin Berwarna Cokelat
Zat warna normal dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan urin berwarna cokelat adalah urobilin. Perubahan warna urin menjadi coklat secara normal kemungkinan adalah reaksi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu.
Zat warna abnormal: bilirubin, hematin, porfobilin.
Indikasi penyakit: hepatitis.

4. Urin Berwarna Cokelat tua atau hitam
Zat warna normal dalam jumlah besar: indikan.
Zat warna abnormal: darah tua, alkapton, melamin.
Pengaruh obat-obat: derivat fenol, argyrol.
Indikasi penyakit: sindroma nefrotika (penyakit ginjal).


5.Urin Berwarna Keunguan
Urin berwarna merah tua atau keunguan adalah karakteristik sebuah gangguan darah langka dan biasanya bersifat turun temurun yang disebut porfiria. Gangguan sangat umum terjadi pada keluarga kerajaan di eropa, tapi tidak terbatas keluarga kerajaan saja.
Yang menarik, urin mungkin baru berubah menjadi ungu kalau urin terpapar sinanr matahari selama beberapa waktu lama. Tanda-tanda porfiria sensitive terhadap cahaya, ruam, sakit perut yang parqh, kebingungan mental, serangan epilepsy hingga kelumpuhan.

6. Urin Berwarna Keemasan
Urin yang berwarna kuning tua mungkin disebabkan karena konsumsi betakaroten dalam jumlah besar baik makanan atau suplemen. Beberapa obat-obatan juga merubah urin berwarna orange, seperti antituberkulosis rifampin, obat pengencer darah warfarin, dan beberapa obat-obatan kanker. Urin berwarna kuning gelap hingga orange bisa menjadi peringatan bawaha seseorang mengalami dehidrasi.

7. Urin Serupa Susu
Zat warna normal dalam jumlah besar yang dapat membuat urin serupa putih susu adalah fosfat atau urat.Sementara tat warna abnormal yang dapat menyebabkan kondisi ini yaitu pus, getah prostat, chylus, zat-zat lemak, bakteri-bakteri, protein yang membeku.
Urin serupa putih susu mengIndikasi seseorang mengidap penyakit penyakit: infeksi saluran kencing atau kebocoran kelenjar limfa.

8.Urin Keruh.
Kekeruhan pada urin disebabkan adanya partikel padat pada urin seperti bakteri, sel epithel, lemak, atau Kristal-kristal mineral. Urin yang keruh dalah ciri khas Infeksi Saluran Kencing (ISK).Kadang-kadang urin menjadi berbau busuk.Infeksi dimulai dan tetap berada dikandung kemih, dimana secara medis dikenal dengan sistisis, atau bisa meningkat dan menginfeksi ginjal, sebuah kondisi yang disebut pielonefritis.

Perhatian : Informasi di atas tidak bermaksut untuk menggantikan konsultasi dengan dokter, berkenaan dengan tanda-tanada atau gejala apapun yang membutuhkan diagnosis dan pengobatan….

Anda yang ingin menjaga kesehatan atau ingin mengobati penyakit yang diderita, alangkah baiknya menggunakan produk-produk (obat-obatan) herbal. Produk-produk herbal sangat berkhasiat dan minim efek samping, tidak seperti produk-produk (obat-obat) yang mengandung bahan kimia. 

Demikianlah info Tanda Bahaya Kesehatan dari Perubahan Warna Urin, semoga bermanfaat.



Panduan Cara Cepat Hamil

Share this article :
 
Support : Belajar Bahasa Inggris Online
Copyright © 2013. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger