Home » » Ulasan Singkat Mengenai Penyakit Antraks

Ulasan Singkat Mengenai Penyakit Antraks

Written By Sri Rahma on Selasa, 13 Maret 2012 | 15.46

Berkat Herbal--Ulasan Singkat Mengenai Penyakit AntraksPenyakit Antraks (anthrax) merupakan penyakit zoonosis yang tersebar luas di seluruh dunia terutama didaerah dataran rendah tropis dan subtropics. Penyakit akut yang sering fatal ini disebabkan oleh bakteri Bacillus antracis yang menyerang manusia dan mamalia.

Morfologi
Bacillus antracis adalah kuman pathogen yang bersifat gram positif, berbentuk spora dan tidak tahan asam. Kuman berbentuk batang berukuran 4-8 mikron X 1-1,5 mikron, tampak sebagai batang tunggal atau tersusun sebagai rantai pendek. Pertumbuhan dalam biakan, kelompok kuman akan membentuk rantai yang mirip batang bambu.

Epidemologi
Basil antraks hidup aerobik, dan bila berada di tanah akan membentuk spora yang tahan terhadap suhu tinggi dan sinar matahari, tahan terhadap pengeringan dan juga terhadap desinfektan. Spora tetap hidup selama bertahun-tahun dalam air, wol, rambut, kulit.

Penyakit antraks ditularkan langsung melalui kontak dengan kulit luka atau lecet melalui folikel rambut. Spora yan berada ditanah dapat menginfeksi penderita dengan tertelan melalui mulut atau terhirup melaui pernapasan. Orang-orang yang rentan tertular penyakit antraks yaitu pekerja peternakan,  pemotong hewan,pengolah kulit binatang,pekerja pertanian, dan dokter hewan yang kontak dengan hewan yang terinfeksi atau produk-produk darah hewan yang terinfeksi.
Antraks Kulit menunjukkan tanda khas berbentuk pustula maligna. Mula-mula timbul papula, diikuti vesikel-vesikel an berisi cairan.Akhirnya terjadin nekrosis kulit yang berwana hitam, yang disebut ‘eschar’. Antraks bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi dapat juga menjadi septicemia yang berbahaya.

Antraks Intestinal : Terjadi karena memakan daging mentah atau kurang matang dari hewan yang terinfeksi penyakit ini. Antraks intestinal menunjukkan terjadinya radang usus (enteritis) disertai diare berdarah yang dapat menimbulkan kematian bagi penderita.
Antrak paru (Wool Sorter Disease) :Dapat terjadi akibat masuknya spora melalui pernafasan. Antrak paru dapat menimbulkan penyebaran dan komplikasi ke selaput otak

Diagnosis
Untuk menegakkan diagnosis yang pasti perlu dilakukan pemeriksaan bakteriologis. Pemeriksaannya berupa pemeriksaan mikroskopis dengan pewarnaan gram eksudat, dahak, atau cairan lainnya untuk menunjukkan adanya mikroorganisme penyebab penyakit tersebut.  Pada pemeriksaan mikroskopis dengan pewarnaan Polikorm biru metilen menunjukkan adanya kapsul yang khas disekeliling kuman antraks.
Selain itu dapat pula dilakukan biakan kuman (Lempeng Agar Nutrien),dan uji hewan percobaan. Pemeriksaan darah dan uji serologis (Ascoli) dapat juga dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis.

Pengobatan
Berbagai jenis antibiotik misalnya tetrasiklin, dan stroptomisin saat ini cukup efektif untuk mengobati antraks. Pada penderita yang mengalami toksis berat, dapat diberikan serum salvo.

Pencegahan
-Ruangan pabrik olahan bahan-bahan misalnya woll dan rambut ternak bebas dari debu. Produk woll dan rambut dari daerah endemic antraks harus disucihamakan dengan larutan formalin 10% atau alkali 5%.
-Semua bangkai hewan yang terkena antraks harus dimusnahkan atau dibakar.
-Didaerah wabah, faksinasi hewan harus dilakukan dan imunisasi pekerja yang beresiko tinggi harus dilakukan

Demikianlah Ulasan Mengenai Penyakit Antraks, semoga bermanfaat.

Panduan Cara Cepat Hamil

Share this article :
 
Support : Belajar Bahasa Inggris Online
Copyright © 2013. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger