Home » » Tanda-Tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan pada Mata

Tanda-Tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan pada Mata

Written By Sri Rahma on Kamis, 30 Agustus 2012 | 08.45

Mata
Tanda-Tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan pada Mata—Mata adalah organ kedua yang paling kompleks dalam tubuh manusia (organ pertama: otak)  yang memiliki fungsi utama untuk melihat. Banyak orang menganggap mata merupakan indra yang paling penting, karena fungsinya untuk melihat. Bisa di banyangkan jika tidak ada mata, semua yang ada disekitar hanya akan terlihat gelap. Mata dapat memberikan beragam informasi mengenai emosional dan kondisi kesehatan pemiliknya. Dari pancaran mata kita dapat mengetahui seseorang sedang senang, sedih, marah,dll. Sedangkan perubahan pada mata atau area disekitarnya dapat menjadi petanda adanya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu, dan ini patut diwaspadai walaupun ada diantaranya tidak berbahaya.

Ada banyak perubahan-perubahan yang dapat terjadi pada mata, berikut ini dibahas secara singkat beberapa diantaranya :    
1. Lingkaran di Bawah Mata
Lingkaran dibawah mata tidak selalu karena kurang tidur atau habis mabuk-mabukan. Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan lingkaran dibawah mata yaitu:
1) Faktor Keturunan: Semakin tipis, ringan,dan transparan kulit dibawah mata yang diwariskan dari orang tua, semakin besar kemungkinan seseorang memiliki pembuluh darah yang kebiruan disekitar mata.
2) Faktor Hormon pada Perempuan: Banyak perempuan yang memiliki lingkaran dibawah mata yang semakin pucat saat kehamilan atau menstruasi.
3) Obat-obatan: Beberapa jenis obat seperti aspirin, comadin (warfarin), dan obat pengencer darah lainnya dapat memperbesar pembuluh darah dibawah mata sehingga lingkaran menjadi jelas.
4) Eksem dan Alergi: Eksem adalah kondisi kulit yang memiliki ciri khas kulit kering dan gatal, sementara alergi menyebabkan pembuluh darah semakin padat dan darah menggenangi bawah mata, orang alergi sering menggaruk matanya sehingga melukai dan merusak jaringan rapuh dibawah mata dan ini membuatnya semakin gelap
5) Kelebihan Paparan Sinar Matahari: Seperti yang kita ketahui paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit semakin merah dan gelap, tak terkecuali kulit sekitar mata.

2. Kantong di Bawah Mata
Bengkak-bengkak kulit dibawah mata disebut kantong mata dan kemungkinan penyebabnya yaitu:
1) Depresi: Kantong mata dapat menjadi petanda depresi, namun Insomnia dan menangis yang sering mengiringi depresi lah yang paling mungkin menyebabkan kondisi ini. Menangis menyebabkan cairan tertahan dibawah mata.
2) Menstruasi, kehamilan, kelebihan asupan garam, dan konsumsi obat-obatan tertentu (Antidepresan dan pil KB)
3) Dehidrasi yang disebabkan oleh alkohol. Kantong dibawah mata mungkin juga menjadi cara tubuh memberi tahu bahwa minum-minum terlalu banyak.
4) Akumulasi cairan saat kita tidur
5) Tanda peringatan umum adanya hipotiroidisme, tiroid yang tidak aktif. Pada keadaan hipotiroidisme biasanya diiringi dengan tanda-tanda klasik kedinginan terus menerus, kulit dan rambut kering
6) Tanda Penuaan: Dengan pertambahan usia, kulit dibawah mata semakin tipis dan kehilangan elastisitasnya, membuatnya berat dan membentuk kantong.

3. Keriput/lipatan Kulit di Bawah Mata
Kerutan atau lipatan besar dikelopak mata bawah mungkin kondisi genetis yang disebut lipatan kulit Deny-Morgan yang sebenarnya tanda eksem. Selain eksem, orang dengan lipatan kulit Deny-Morgan banyak anggota keluarga mereka menderita hay fever atau asma.

4. Kelopak Mata Berat (Droopy Eyelids)
Meski “mata sayu” mungkin terlihat seksi, kelopak mata berat yang secara medis dikenal dengan ptosis bisa jadi kebalikannya. Hal-hal yang mungkin menyebabkan Kelopak Mata Berat :
1) Tanda Penuaan Yang Tidak Dapat Dihindari
Seiring pertambahan usia, jaringan mirip tendon dibagian atas mata cenderung meregang dan membuat kelopak mata menjadi berat.
2) Tanda Hipotiroidisme atau Myasthenia Gravis (MG)
Hipotiroidisme dan Myasthenia Gravis (MG) merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan otot-otot melemah diberbagai bagian tubuh, terutama mata. Tanda-tanda MG awal lainnya adalah penglihatan ganda, sulit menelan dan bicara tidak jelas.
3) Lumpuh Bell (Bell’s Palsy)
Tipe kelumpuhan wajah dimana saraf yang mengontrol ekspresi wajah (Saraf cranium ke-7) rusak karena luka atau sakit. Tanda lain dari kelumpuhan ini  kesulitan memejamkan atau mengedipkan mata, dapat menyebabkan kelelebihna atau kekeringan air mata.
Kabar baik kelumpuhan Bell ini jarang permanen, biasanya sembuh dalam dua atau tiga minggu tampa pengobatan.
4) Sindrom Horner
Sindrom horner adalah sekelompok tanda-tanda yagn berhubungan dengan kerusakan saraf dan biasanya hanya menyerang salah satu sisi wajah. Jadi pada sindrom ini mata berat hanya sebelah saja, mata yang rusak mempunyai pupil (kecil) yang tipis, bola mata menarik kedalam wajah, dan iris berubah warna. Sindrom ini biasanya menandakan adanya luka serius pada saraf-saraf wajah.
5) Tanda peringatan awal sejumlah gangguan saraf sistemik, beberapa diantaranya mengancam jiwa. Misalnya mata berat di salah satu sisi wajah mungkin menjadi tanda peringatan awal stroke, infeksi, tumor, aneurisma otak.

5. Mata Menonjol (Bulging Eyes)
Jika mata sudah besar sejak lahir itu biasanya ciri khas keluarga dan tidak berbahaya. Namun bila mata yang menonjol tiba-tiba, disebut eksoftalmos atau proptosis bisa jadi merupakan tanda serius. Untuk membedakan apakah menonjol atau hanya besar ukurannya (bawaan lahir), perhatikan area putih mata/sklera. Jika mata benar besar (bawaan sejak lahir) bagian putih tidak muncul diantara puncak iris dan kelopak mata. Namun pada orang dengan eksoftalmos area putih diatas dan dibawah iris akan terlihat jelas.

Kemungkinan penyebab mata menonjol :
1) Tanda penyakit Graves-bentuk utama Tiroidisme yang paling umum.
Penyakit graves adalah gangguan autoimun dimana antibody menyerang kelelanjar tiroid, membuatnya memproduksi hormone tiroid yang berlebihan dan mempercepat metabolisma seseorang. Hormon yang berlebihan bisa menyebabakan otot, jatringan dan lemak di dalam dan disekitar mata mengembang dan mendorong mata kedepan, menimbullkan  mata menonjol dan dikenal denngan istilah oftalmopati graves atau penyakit mata tiroid.
2) Tanda infeksi atau glaucoma atau bahkan penyakit serius seperti leukimia dan tumor pada mata. Mengobati kondisi tiroid atau kondisi yang lain kerap membantu mata kemabali normal. Tetapi kadang mata teteap menonjol permanen. Dalam kasus yang parah terkadang operasi munkin dilakukan untuk memberkecil mata.

Perhatian : Informasi di atas bersumber dari Buku Sinyal-sinyal Bahaya Tubuh Anda (Body Signs) dan tidak bermaksut untuk menggantikan konsultasi dengan dokter, berkenaan dengan tanda-tanada atau gejala apapun yang membutuhkan diagnosis dan pengobatan.

Jika anda membutuhkah obat-obatan atau produk herbal, Anda dapat membeli di Toko Online Berkah Herbal

Demikianlah info, Tanda-Tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan pada Mata semoga bermanfaat.
Info sebelumnya>>Habbatussauda Obat Herbal Alami Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Sumber Gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/71/Menschliches_auge.jpg/250px-Menschliches_auge.jpg

Panduan Cara Cepat Hamil

Share this article :

8 comments:

  1. thanks sahabat atas infonya, salam

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. @BRI Jakarta Veteran
    Ok,,sama2..Trimkasih juga sudah mau mampir...

    BalasHapus
  4. Trus kak,bisa gak lingkaran mata yg memang dari keturunan itu dihilangkan,atau diobati.

    BalasHapus
  5. bermanfaat nh artikel...
    tanda tanda kesehatan mata

    BalasHapus
  6. @Mita Lidna
    Kalau memang sudah turunan tidak bisa di bisa dihilangkan Sist,,hal-hal lain yang dapat menyebabkan bertambah parah harus dihindari aja,

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas infonya :)
    Ternyata banyak penyakit yang dapat kita check hanya dengan melihat mata kita.

    BalasHapus

Kasih Komen Ya

 
Support : Belajar Bahasa Inggris Online
Copyright © 2013. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger