Home » » Tanda-tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan Bentuk Kuku

Tanda-tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan Bentuk Kuku

Written By Sri Rahma on Rabu, 05 September 2012 | 13.20

kuku tangan manusia
Tanda-tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan Bentuk Kuku--Sepanjang sejarah kehidupan manusia, kuku turut memainkan peranan penting, tapi lebih banyak dalam hal kecantikan dari pada signifikansi medis. Walaupun demikian, kuku tidak hanya mencerminkan kepedulian seseorang terhadap penampilan, tetapi juga menunjukkan masalah medis dan status gizi. Perubahan bentuk dan tekstur kuku dapat menjadi petanda adanya gangguan kesehatan atau penyakit tertentu, dan ini patut diwaspadai.

Berikut ini dalah beberapa perubahan bentuk kuku, serta kemungkinan penyebabnya,

1. Kuku Yang Melengkung Kebawah
Kuku yang melengkung kebawah yang berlebihan dan bukan hanya sedikit melekuk secara medis disebut Clubbed nails. Kondisi kuku ini berkembang begitu pelan sehingga anda tidak tidak menyadarinya dan mengabaikan tanda penting ini.
Clubbed Nails bisa menunjukkan sejumlah kondisi yang serius dan bahkan mengancam jiwa termasuk sirosi hati dan inflammatory bowel disease. Kondisi ini juga bisa menandakan bahwa tubuh anda tidak cukup mendapatkan oksigen (cyanosis), dalam kasus ini kuku dan kulit mungkin menjadi kebiruan. Kuku ini sering muncul beriringan dengan Clubbed Fingers (Jari seperti pentungan) tanda yang sering ditemuakan pada orang-orang yang terkena penyakit paru-paru Chronis obstructive pulmonary syndrome (COPS) dan Kanker Paru-paru.

2. Kuku Melengkung Keatas
Jika sisi-sisi kuku anda melengkung keatas, umumnya disebut Spooning dan dalam medis dikenal Koilonychiya  itu bisa menandakan defisiensi  nutrisi, seperti besi atau vitamin B12 yang bisa menyebabkan anemia. Koilonychia adalah sebuah tanda kuku gangguan sistematis penyakit Raynaud dan Lupus. Spooning juga bisa menjadi petanda anda terpapar produk-produk petroleum ditempat kerja. Jika kuku tangan melengkung dan sangat tebal, itu bisa menandakan diabetes.

3. Kuku Tebal
Kuku jari menebal secara medis dikenal sebagai Onychauxis mungkin salah satu pertanda penuaan yang tidak dapat dihindari. Jika terjadi pada kuku kaki secara medis disebut Onychoryposis (alias kuku tanduk domba) dapat menyebabkan sulit berjalan dan berbahaya bagi lansia. Kuku tebal bisa menandakan adanya luka, infeksi, sirkulasi yang lemah, diabetes, diet yang buruk.

4. Kuku Kasar
Kuku yang kasar dengan hubungan vertical secara medis dikenal sebagai Trachyonychia. Karena cenderung Nampak abu-abu, tembus pandang, dan tidak berkilau, kuku ini sering disebut Kuku Ampelas. Kondisi kuku ini bisa muncul dijari kaki dan tangan.
Kuku kasar sering muncul pada orang-orang yang terkena Lichen planus, sebuah penyakit radang kulit dan mulut yang cukup umum menimbulkan rasa gatal hebat. Dalam beberapa kasus Lichen planus, kuku mengalami Onycholysis yaitu kuku terpisah dari dasarnya, dalam beberapa kasus yang parah kuku tidak bisa tumbuh lagi.
Kuku ampelas biasanya munjukkan masalah-masalah kulit dan rambut lainnya, termasuk psoriasis, eksem, vitigo, alopecia arata. Sayangnya ketika penyebab utama terobati, perubahan kuku seperti ini biasanya permanen.

5. Kuku Rapuh
Meskipun orang sering mengaitkan kuku yang rapuh dan patah dengan cuaca yang kering dan bahan pencuci yang keras, kuku rapuh juga bisa menunjukkan adanya gangguan tiroid atau defisiensi besi atau Vitamin A.

6. Kuku Berlekuk
Sebuah lekukan kecil diatas kuku disebut pitting, bisa menungkapkan adanya psoriasis, sebuah kondisi kulit yang umum. Malah hampir semua penderita psoriasispunya tanda lekukan pada kuku mereka.
Kuku yang memiliki lekukan juga dapat menjadi tanda beberapa gangguan autoimun yang cukup umum Sindrome Reiter (Ruam bersisik ditelapak tangan dan kaki) yang merupakan kondisi masalah persendian, buang air, dan mata; Sarkoidosis (bercak bersisik diwajah); Pemfigus , yang menimbulkan lepuh kulit dan luka dikulit selaput lendir; dan alopecia arata yang menyebabkan rontoknya gumpalan-gumpalan rambut. Seperti halnya banyak masalah kuku yang lain, kuku melekuk mungkin rapuh dan akhirnya patah.

7. Hubungan Kuku Horizontal
Hubungan horizontal adalah alur-alur melintang dari sisi kuku yang satu ke sisi kuku yang lain secara medis diekenal dengan garis Beau, dapat menandakan kondisi sistemik yang serius. Garis Beau ini mungkin berkemmbang pada satu, beberapa, atau bahkan pada semua kuku. Garis ini adalah tanda bahwa terjadi sebuah penyakit atau cedera kuku yang menghentikan pertumbuhan kuku secara temporer. Misalnya, terkadang garis kuku ini terlihat pada orang-orang yang baru-baru mengalami serangan jantung, terkena infeksi, menjalani operasi, atau pengobatan kanker. Seusai pengobatan atau pemulihan kuku biasanya tumbuh kembali secara normal.

Catatan : Disini kami hanya sekedar berbagi informasi yang didapat dari Buku Sinyal-sinyal Bahaya Tubuh Anda (Body Signs) dan info tersebut tidak bermaksut untuk menggantikan konsultasi dengan dokter, berkenaan dengan tanda-tanda apapun yang membutuhkan diagnosis dan pengobatan.

Lebih baik mengetahui tanda-tanda yang tidak normal pada bagian tubuh seperti pada kuku, agar gangguan kesehatan yang menjadi penyebabnya dapat sesegera mungkin diatasi, untuk menghindari kondisi yang lebih parah.

Demikianlah info Tanda-tanda Gangguan Kesehatan dari Perubahan Bentuk dan Tekstur Kuku, semoga bermanfaat

Panduan Cara Cepat Hamil

Share this article :

1 comments:

  1. informasi yang menarik untuk mengetahui tanda-tanda kesehatan kita dan dapat dipakai untuk kehidupan sehari-hari

    BalasHapus

Kasih Komen Ya

 
Support : Belajar Bahasa Inggris Online
Copyright © 2013. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger