Home » » Manfaat Tanaman Sidaguri untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Sidaguri untuk Kesehatan

Written By Sri Rahma on Sabtu, 25 Mei 2013 | 05.35

Manfaat Sidaguri untuk Kesehatan
Manfaat Tanaman Sidaguri untuk KesehatanSidaguri (Sida rhombifolia L.) adalah satu jenis tanaman obat dari famili Malvaceae. Tumbuhan ini biasa tumbuh liar di i tepi jalan, halaman berrumput, hutan, ladang, dan tempat-tempat dengan sinar matahari cerah atau sedikit terlindung. Tumbuhan Sidaguri tersebar pada daerah tropis di seluruh dunia dari dataran rendah sampai 1.450 m dpl. Sidaguri bermanfaat untuk kesehatan karena dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Ciri-Ciri Sidaguri
-Batang : Tegak bercabang ini tingginya dapat mencapai 2 m dengan cabang kecil berambut rapat. Daun : Tunggal, letak berseling, bentuknya bulat telur atau lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pertulangan menyirip, bagian bawah berambut pendek warnanya abu-abu, panjang 1,5-4 cm, lebar 1--1,5 cm.
-Bunga : Tunggal berwarna kuning cerah yang keluar dari ketiak daun, mekar sekitar pukul 12 siang dan layu sekitar tiga jam kemudian.
-Buah : Dengan 8--10 kendaga, diameter 6--7 mm.
-Akar dan kulit : Kuat, dapat dipakai untuk pembuatan tali.
-Perbanyakan dengan biji atau setek batang.  

Nama Lain Sidaguri
NAMA DAERAH : Sumatera: guri, sidaguri, saliguri; Jawa: sadagori, sidaguri, otok-otok, taghuri, sidagori; Nusa Tenggara: kahindu, dikira. Maluku: hutu gamo, bitumu, digo, sosapu.
NAMA ASING : Huang hua mu (C), walis-walisan (Ph), sida hemp, yellow barleria (I).
NAMA SIMPLISIA:  Sidae rhombifoliae Herba (herba sidaguri), Sidae rhombifoliae radix (akar sidaguri).

Kandungan Kimia Sidaguri
Kandungan kimiawi di tumbuhan Sidaguri, yaitu alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang, dan zat philegmatic. Daun mengandung alkoloid, calsium oksalat, tanin, saponin, phenol, asam amino, minyak terbang. Batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat. Akarnya mengandung kaloid, steroid dan efedrine.

Manfaat Sidaguri Untuk Kesehatan
Sidaguri memiliki rasanya yang  manis, pedas, sifatnya sejuk, masuk meridian jantung, hati, paru-paru, usus besar, dan usus kecil. Seluruh bagian tanaman dapat digunakan sebagaia obat. Pada pengobatan tradional, Sidaguri sering digunakan untuk mengobati penyakit asam urat dan rematik. Selain itu herbal ini juga dapat mengobati Influenza, demam, radang amandel (tonsilitis), difteri, TBC kelenjar (scrofuloderma),radang usus (enteritis), disentri, sakit kuning (jaundice), malaria, batu saluran kencing, sakit lambung, wasir berdarah, muntah darah, terlambat haid, dancacingan. Khusus untuk akarnya, digunakan untuk mengobati influenza, asma, sakit gigi, sariawan, disentri, susah buang air besar/sembelit dan rematik. Sedangkan bunga Sidaguri digunakan sebagai pengobatan luar untuk Gigitan Serangga.

Pengolahan Sidaguri Secara Tradisional
Herba kering (15-30 g) atau herba segar (30-60 g), di rebus dan diminum airnya. Jika menggunakan akar, dosisnya 10-15 g, atau menggunakan takaran besar sebanyak 30-60 g, rebus, Ialu minum airnya.

Untuk pemakaian luar, herba segar atau akar yang telah digiling halus, kemudian ditempelkan bagian tubuh yang sakit, seperti bisul, koreng, TBC kelenjar, gigitan ular. Selain itu, bisa juga direbus, kemudian airnya digunaka untuk mencuci ekzema pada kantung buah zakar atau untuk mandi pada cacar air.
Produk Obat Herbal dari Tanaman Sidaguri

Bagi yang ingin merasakan khasiat Sidaguri atau obat herbal lainAnda bisa membeli di Toko Online Berkah Herbal

Demikianlah info mengenai Manfaat Tanaman Sidaguri bagi Kesehatan, semoga bermanfaat. 

Sumber :

Panduan Cara Cepat Hamil

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Kasih Komen Ya

Dapatkan Artikel Terbaru dari Kami Sacara Gratis,Untuk itu masukkan Email anda dibawah Ini, Setiap Artikel Yang Kami Publikasikan Akan Langsung Dikirim Ke Email Anda

 
Support : Belajar Bahasa Inggris Online
Copyright © 2013. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger