Home » » Sistem Reproduksi Wanita

Sistem Reproduksi Wanita

Written By Sri Rahma on Sabtu, 30 November 2013 | 06.38

Sebelum memahami lebih jauh tentang ketidak suburan, Anda perlu mengetahui dasar-dasar anatomi sistem reproduksi pria dan wanita yang menunjang terjadinya kehamilan. Sistem Reproduksi adalah salah satu sistem organ dalam didalam tubuh manusia yang memiliki peranan penting terutama untuk melanjutkan keturunan. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai sistem reproduksi pada wanita. Di artkel selanjutnya akan dijelaskan mengenai sistem reproduksi pada pria.

Fungsi dari organ reproduksi wanita sebagai alat aktivitas seksual yaitu untuk menghasilkan ovum sehingga pada tempat dimana ia dapat dibuahi oleh sel spermatozoa, tempat impantasi, kehamilan, dan juga kelahiran bayi. Tujuan utama dari sistem reproduksi perempuan adalah menghasilkan sel telur atau disebut juga dengan ovum. Dibanding sistem reproduksi pria, sistem reproduksi wanita lebih kompleks dan rentan serangan penyakit, baik virus atau bakteri. Banyaknya angka kematian wanita dewasa salah satunya karena sistem reproduksi yang tidak sehat.

Sistem dianggap kompleks karena sebagian besar fungsi reproduksi manusia dimulai dan terjadi melalui sistem reproduksi wanita.

Sistem reproduksi terdiri dari beberapa organ yaitu
1. Vagina
Vagina merupakan saluran muskulo-membranasea (otot-selaput) yang menghubungkan rahim dengan bagian luar tubuh yang bersifat elastik. Fungsi vagina yaitu untuk tempat hubungan seksual, jalan keluar darah haid, dan jalan keluar bayi pada persalinan

2. Serviks (mulut rahim)
Serviks atau mulut rahim adalah bagian rendah dari rahim yang menghubungakan rahim dengan vagina.Pada saat kehamilan, serviks berperan menjaga bayi dalam kandungan agar tetap pada tempatnya. Jika terjadi kelainan serviks pada saat kehamilan dimana serviks tidak bisa menutup rapat, maka janin akan keluar sebelum waktunya

3. Rahim
Bentuk rahim seperti buah pir dengan berat 30 gram, terletak di panggul kecil di antara rectum (bagian usus sebelum dubur) dan di depannya terletak kandung kemih. Rahim memiliki peranan yang sangat penting dalam siklus menstruasi, kehamilan, dan persalinan adalah rahim aau istilah medisnya urterus. Hal yang menakjubkan pada rahim adalah otot kuat yang membangun rahim serta kemampuannya dalam membesar dan mengecil

4. Saluran Telur (Tuba Falopii)
Saluran telur atau tuba falopii adalah saluran antara rongga rahim dan indung telur. Ujung saluran telur berbentuk seperti jemari yang menangkap sel telur yang dilepaskan indung telur saat ovulasi.

5 Indung Telur
Indung telur adalah sepasang kelenjar yang berbentuk oval kira-kira sebesar ibu jari yang merupakan tempat produksinya sel telur dan hormone terutama esterogen dan progesterone. Sepasang indung telur ini akan bergantian memproduksi sel telur setiap bulannya. Pada usia subur, setiap indung telur berisi ribuan, namun hanya satu sel yang matang yang dilepaskan je saluran telur setiap bulannya (proses ovulasi) sesuai siklus hai selama wanita itu berada dalam masa subur.

Demikianlah sobat pembaca uraian mengenai sistem reproduksi beserta organ-oran yang menyusunnya. Semoga bisa menjadii tambahan pengetahuan bagi kita bersama. 

Sumber :
Sumber : Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil Dr. Rosdiana Ramli,Sp.OG
Sumber Gambar : http://biologi.ucoz.com

Panduan Cara Cepat Hamil

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Kasih Komen Ya

Dapatkan Artikel Terbaru dari Kami Sacara Gratis,Untuk itu masukkan Email anda dibawah Ini, Setiap Artikel Yang Kami Publikasikan Akan Langsung Dikirim Ke Email Anda

 
Support : Belajar Bahasa Inggris Online
Copyright © 2013. Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger